Sabtu, 08 Januari 2011


Dinas Sosial Samarinda, Siap Pulangkan GepengOleh : hms9
 Samarinda-Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Samarinda, Senin (8/11) kembali  menampung empat orang gelandangan dan pengemis (Gepeng), hasil razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Keempat pelaku penyakit sosial masyarakat itu, rencananya akan di pulangkan ke daerah asalnya, yakni tiga pengemis asal Sumenep (Jatim) dan satu lagi dari Banjarmasin.
”Pada dasarnya Dinas kesejahteraan sosial Samarinda, siap memulangkan para gepeng yang tertangkap razia, mengenai anggaran uang tiket sudah disiapkan,” kata Kabid  Rehabilitasi Tuna Sosial (Dinkesos) Samarinda, Dra Lily Dya Norirnawati,  di ruang kerjanya ,Senin (811) .
            Menurutnya sebelum dipulangkan kedaerah asalnya, mereka ditampung dan  diperlakukan secara manusiawi. Misalnya,  diberi makan tiga kali dan fasilitas MCK juga sangat layak, yang di pakai para pegawai.
            Biasanya para gepeng dipulangkan dengan KM Binaiya dari pelabuhan Samarinda. Namun sebelumnya mereka dititipkan dengan security kapal. Sesampainya didaerah tujuan mereka kembali di data oleh petugas sosial Surabaya, yang sebelumnya telah dikontak oleh petugas Dinkessos Samarinda. Tujuannya untuk menghindari jangan sampai para pengemis kembali lagi ke Samarinda.
            Diungkapkannya sebab pernah terjadi sebelum  bulan Ramadhan, ketika mereka  sampai di Batu licin (Kalsel) para gepeng kembali lagi ke Samarinda. Bahkan ada yang mengaku mereka naik pesawat alasannya mengemis di kota Tepian  sangat menjanjikan satu hari bisa mendapatkan Rp 100 ribu.
            Menurut Lily Dya Norirnawati,dengan sistim pengawasan sangat ketat melibatkan petugas di Surabaya, para gepeng tidak mudah kembali dan yang tertangkap adalah wajah-wajah baru. ”Rata-rata  para gepeng tidak mau mengaku siapa koordinatornya, mereka tetap tutup mulut,  mereka mengaku datang sendiri ke kota Samarinda,” katanya.
            Sekadar diketahui, pihak  Dinas Kesjahteraan Sosial menjelang bulan  Ramadhan lalu telah memulangkan para gepeng sebanyak 52 orang.(hms9)

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Urban Designs